Cara Mudah Membuat Susu Kefir dari Susu Segar

Ini adalah artikel tentang cara mudah membuat susu kefir dari susu sapi atau kambing segar
Riska Artanti
Share!

Susu kefir adalah salah satu minuman fermentasi yang mengandung banyak sekali bakteri probiotik. Minuman ini menjadi salah satu hasil olahan pangan yang mulai banyak diminati. Rasanya asam namun menyegarkan.

Beragam manfaat bisa kita dapatkan dari mengonsumsi susu kefir secara rutin. Pasalnya, minuman fermentasi ini mengandung mineral, vitamin dan sumber probiotik yang baik dan penting untuk tubuh.

Dalam susu kefir, terdapat setidaknya 61 jenis bakteri atau mikroorganisme baik. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang ada dalam yogurt dan yakult. Bakteri probiotik ini akan membantu menyehatkan dan meningkatkan fungsi pencernaan tubuh kita.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi susu kefir secara rutin, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Proses pembuatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Berikut ini adalah cara mudah membuat susu kefir sendiri di rumah, yaitu :

Persiapan Bahan

Adapun bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat susu kefir adalah sebagai berikut.

  • 1 Buah Toples Plastik atau Kaca

Toples plastik yang akan dipergunakan untuk wadah fermentasi susu kefir harus terbuat dari bahan plastik atau kaca. Hindari menggunakan bahan yang terbuat dari besi atau alumunium karena akan rawan terjadi korosi. 

  • 1 Liter Susu Segar Kambing atau Sapi

Susu kefir terbuat dari susu sapi atau kambing segar. Anda bisa melakukan proses pasteurisasi terlebih dahulu jika merasa kebersihan susu kurang terjamin. Caranya adalah dengan mendidihkan susu dengan api sedang hingga mencapai temperatur 70 sampai 80 derajat.

Hindari mendidihkan susu sampai 100 derajat karena hal ini akan membuat bakteri baik dalam susu menjadi mati. Anda juga bisa menggunakan susu segar kemasan yang sudah diolah di pabrik susu.

  • 50 gram Bibit Kefir atau Grain

Takaran ideal untuk memfermentasi 1 liter susu segar adalah dengan 50 gram bibit kefir. Anda bisa mendapatkan bibit kefir dari para penggiat susu kefir di seluruh nusantara atau membelinya di toko online.

Bibit kefir berbentuk seperti biji kembang kol, berwarna putih kekuningan dan teksturnya kenyal. Bibit ini akan membantu memecah unsur dalam susu segar menjadi senyawa-senyawa yang baik untuk tubuh seperti asam folat, asam laktat dan lain sebagainya.

Bibit kefir atau grain bisa Anda manfaatkan seumur hidup. Semakin sering Anda melakukan fermentasi, bibit kefir akan berkembang semakin banyak. Dengan demikian, Anda bisa lebih banyak memfermentasi susu segar.

  • Spatula Plastik
  • Saringan Plastik

Cara Pembuatan

Berikut ini adalah langkah membuat susu kefir, yaitu :

  1. Masukkan susu segar ke dalam toples plastik atau kaca
  2. Masukkan bibit kefir grain ke dalam susu kemudian aduk perlahan sampai homogen
  3. Tutup rapat toples untuk menghindari hewan atau kotoran masuk
  4. Simpan toples di suhu ruang selama 12 jam
  5. Aduk susu dengan menggunakan spatula di 12 jam pertama
  6. Tutup kembali toples hingga 24 jam

Cara Memanen Susu Kefir

Setelah 24 jam, susu akan terlihat memisah. Ada bagian bening yang disebut dengan whey, dan ada bagian kental seperti krim yang disebut dengan curd. JIka sudah terlihat pemisahan ini, susu kefir bisa segera dipanen.

Saring susu kefir dengan menggunakan saringan plastik dan spatula. Anda akan melihat bibit kefir grain seperti saat pertama kali dimasukkan. Bibit ini bisa Anda gunakan untuk fermentasi selanjutnya.

Sebelum dikonsumsi, susu kefir sebaiknya dimasukkan ke dalam lemari es selama 6 jam terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya tekstur susu lebih homogen. Setelah itu, susu siap dikonsumsi.

Itulah cara mudah membuat susu kefir sendiri di rumah. Susu ini sangat baik untuk kesehatan Anda dan bisa membantu proses penyembuhan dari beberapa penyakit tertentu. Tertarik untuk membuatnya? Selamat mencoba

Riska Artanti

Anak dari orang tua yang luar biasa, kakak dari adik-adik yang penyayang, istri dari lelaki yang berjiwa bebas, dan ibu dari anak lelaki super istimewa.

Lihat Profil

Komentar Pembaca


Yuk Nilai Resepnya!





*Email tidak dipublikasi.

Komentar Facebook