Diperbarui tanggal:

Kebijakan Kualitas

CaraMembuat berusaha untuk selalu menyajikan sebuah konten artikel yang berkualitas untuk pembaca. Alhasil pembaca mendapatkan sebuah nilai positif setelah mengunjungi situs ini.

Oleh karena itu kebijakan ini wajib dipenuhi oleh seluruh pengisi konten, hal tersebut mencakup baik itu tim internal maupun kontributor.

Adapun pelanggaran terhadap aspek kualitas, maka akan membuat konten yang ditulis tidak diterbitkan, ataupun yang sudah diterbitkan akan diturunkan.

Aspek-aspek Kualitas Konten

Seluruh aspek-aspek kualitas yang ditulis pada kebijakan ini, semuanya bertujuan demi kepuasan, kenyamanan, dan kepercayaan pembaca.

1. Kebenaran Informasi

Artikel tidak boleh memberikan informasi yang salah, hoax, dan klik bait.

Contohnya apabila pada judul artikel menyatakan A, maka isi artikel harus menyatakan A. Tidak boleh bias menjadi B meskipun mirip, tidak boleh juga salah menjadi C.

Selain itu apabila artikel terkait hal yang krusial misalnya seperti informasi kesehatan ataupun finansial, maka artikel wajib memberi referensi terhadap sumber yang terpercaya.

2. Referensi Hanya Ke Situs Terpercaya

Referensi hanya boleh diambil dari situs-situs yang terpercaya, jelas dan kredibel.

Tidak boleh mengambil sumber dari situs bersifat karangan yang umumnya ada di Blogspot.

Pastikan situs yang dijadikan sumber referensi memiliki identitas penanggung jawab yang jelas, misalnya seperti nama perusahaan atau perorangan, lalu kontak telepon dan email.

Pastikan artikel yang dijadikan sumber referensi memiliki identitas penulis yang jelas, tidak boleh misalnya nama penulis “Mr. Jack” atau “Silverhand” atau nama samaran lainnya.

3. Artikel Tidak Bersifat Negatif

Seluruh artikel yang diterbitkan di CaraMembuat harus bersifat positif seperti membantu menyelesaikan masalah, informatif, menginspirasi dan baik.

Seluruh artikel yang bersifat negatif seperti penghinaan, penghasutan, pembajakan, pornografi, dan hal buruk lainnya maka tidak akan diterbitkan.

4. Informasi Jelas Penanggung Jawab

Informasi terkait penulis artikel haruslah jelas dan benar, tidak boleh bias dan bersifat abstrak.

Misalnya untuk nama diharuskan memakai nama asli, bukan nama samaran ataupun nama gaul dan sejenisnya.

Biografi harus mencerminkan tentang penulis, bukan berisi kiasan yang ambigu.

Contoh biografi yang baik:

“Saya merupakan penulis ahli bidang X sudah selama 5 tahun, sudah pernah menulis di beberapa situs besar misalnya A, B dan C.”

Contoh biografi yang salah:

“Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang, melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh.”

Kolom tersebut adalah kolom biografi, bukan kolom motto atau prinsip hidup.

Kami tidak mengijinkan tindakan menyebunyikan identitas penulis dengan alasan apapun termasuk ingin low profile.

5. Panduan Khusus Untuk Resep

Bagi kamu yang membuat konten resep, maka ada beberapa panduan kualitas tambahan yang harus dipenuhi.

Untuk menghindari perbedaan konversi takaran, maka satuan sendok yang dipakai adalah sendok takar, bukan sendok logam yang biasa dipakai untuk makan.

Contoh 3 Sdm tepung terigu, maka ini adalah 30 gr atau 3 Sdm dari sendok takar bukan sendok logam.

Hal ini karena sendok logam berbeda-beda dan tidak ada standarisasi, ada yang 1 sendok loga tepung terigu itu 7 gr, ada juga yang 1 sendok logam tepung terigu itu 9 gr.

Lalu jangan memakai takaran dengan istilah “Secukupnya”, karena hal ini bisa menimbulkan kebingungan pada saat orang yang mencoba resep tersebut.

Apakah secukupnya itu 1 sendok makan, 1 sendok teh, atau 1 genggam? Untuk itu gunakan selalu takaran yang jelas dalam resep.