Home » Belajar Masak

Beda Temulawak dan Kunyit Secara Singkat Mudah

Meski mirip, namun beda Temulawak dan Kunyit sebetulnya itu mudah. Bahkan hanya melihat sekilas saja, kamu bisa tahu perbedaannya.
Futri Qamarina

Merupakan dua buah rempah-rempah yang memiliki bentuk mirip, sehingga kerap membuat kita kebingungan di dapur. Tapi sebetulnya, beda temulawak dan kunyit itu sederhana.

Jika kamu masih kerap kebingungan hingga saat ini, langsung saja simak penjelasannya berikut. Longkap langsung ke kesimpulan untuk lebih singkat.

Apa Itu Temulawak?

Merupakan rempah asli Indonesia yang kerap diolah menjadi jamu. Namun karena merupakan tanaman obat-obatan, jangan berharap rasanya akan enak ya.

Jika kamu baru pertama kali minum, mungkin akan kaget dengan rasanya yang cenderung pahit. Namun rasa tidak enak ini terbayarkan dengan manfaatnya yang sehat.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari melancarkan sistem pencernaan, mengatasi sendi-sendi tubuh yang kaku, meringankan peradangan, dan lain-lain.

1. Bentuk Temulawak

Memiliki bentuk seperti rempah lain pada umumnya, namun lebih mirip dengan kunyit. Tapi jika dibandingkan secara lansung dengan kunyit, bentuk temulawak cenderung lebih besar.

Lalu apabila dipotong, bagian tengahnya memiliki warna kuning namun tidak sepekat kunyit. Jadi tidak heran jika jamu yang terbuat dari temulawak warnanya tidak begitu kental.

2. Fungsi Temulawak

Fungsinya sendiri banyak sekali. Dianjurkan untuk minum temulawak, tapi jangan setiap hari juga ya. Sesekali saja jika dirasa membutuhkan, karena ini adalah minuman obat. Fungsi lengkapnya sebagai berikut.

  • Melancarkan sistem pencernaan.
  • Sebagai anti peradangan dalam tubuh.
  • Sebagai anti oksidan dalam tubuh.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Mencegah penyakit kangker.
  • Mencegah penyakit diabetes.
  • Mengatasi hormon penyebab depresi.
  • Dan lain-lain.

Apa Itu Kunyit?

Rempah yang kerap diolah menjadi jamu ataupun pewarna makanan. Warnanya yang kuning dan pekat, menjadi ciri khas yang membuat orang ingat dengan tumbuhan ini.

Diolah sebagai jamu memiliki rasa yang begitu enak. Memiliki banyak manfaat untuk tubuh, bisa juga membantu proses kamu yang sedang diet.

Digunakan sebagai pewarna makanan pun tidak kalah baik. Warnanya yang kuning pekat dengan mudah memberi warna kuning cerah pada makanan yang sedang kita oleh, seperti kue lumpur misalnya.

1. Bentuk Kunyit

Bentuknya lonjong dan umumnya condong agak mengecil. Jika dibandingan secara kasat mata dengan temulawak, rempah ini memiliki ukuran lebih kecil.

Apabila dibelah dan dilihat bagian tengahnya, memiliki warnah oren yang pekat. Tentu saja jika dibandingkan dengan temulawak, warna kuningnya atau orennya itu lebih kuat.

2. Fungsi Kunyit

Sama seperti tanaman rempah obat lainnya, kandungan kunyit itu juga sangat banyak dan baik untuk tubuh. Untuk manfaat selengkapnya bisa kamu cek di daftar berikut.

  • Mengurangi rasa nyeri saat haid.
  • Mengatasi perut kembung atau mual.
  • Mengatasi penyakit maag karena telat makan.
  • Membantu proses saat melakukan diet.
  • Merawat fungsi hati.
  • Sebagai obat anti alergi.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin kamu sudah tahu perbedaan keduanya. Namun untuk lebih singkat dan jelas, kamu bisa simak di tabel berikut.

RempahPerbedaan
Temulawak– Bentuknya cenderung besar
– Warna kuning tidak terlalu pekat
– Dipakai sebagai jamu
– Penambah nafsu makan
Kunyit– Bentuknya cenderung kecil
– Warna kuning sangat pekat, kadang oren
– Dipakai sebagai jamu dan pewarna
– Membantu proses diet

Referensi

Futri Qamarina

Sangat menyukai bidang makanan seperti memasak dan kuliner. Pernah mengikuti beragam pelatihan memasak dan bercita-cita menjadi seorang chef.

Lihat Profil

Komentar Pembaca


Yuk Nilai Resepnya!





*Email tidak dipublikasi.

Komentar Facebook