Home » Resep

Cara Membuat Ketupat Enak, Cantik dan Tahan Lama

Makanan yang disajikan saat lebaran. Tapi sayang agak mudah kusut tampilannya. Maka dari itu simak cara membuat ketupat enak, cantik dan tahan lama ini!
Futri Qamarina

Makanan yang wajib disajikan saat lebaran. Jika dibandingkan dengan lontong, bisa dibilang mirip. Hanya saja ketupat memiliki wangi yang berbeda.

Gambar ketupat dimanapun memang cantik ya, namun sayang realitanya kerap cukup banyak yang benyek. Hal ini tentu membuat selera nafsu makan berkurang.

Untuk itu kamu perlu simak cara membuat ketupat enak, cantik dan tahan lama berikut!

Ketupat Enak, Cantik dan Tahan Lama

Futri Qamarina
Resep ketupat bisa dibilang gampang-gampang susah. Di dapur umumnya orang meremehkannya, alhasil membuat asal-asalan dan hasilnya tidak cantik.
Persiapan 1 hr
Memasak 1 hr
Total Waktu 2 hrs
Kategori Rebus
Khas Negara Indonesia
Porsi 15 Buah
Kalori 176 kcal

Bahan-bahan
  

  • 15 Anyaman Ketupat
  • 1 Kilogram Beras
  • 0,5 Sendok Teh Garam
  • 3 Lembar Daun Pandan
  • Air untuk merebus secukupnya

Cara Membuat

  • Siapkan wadah lalu masukan Beras, cuci dan rendam kira-kira selama 1 ~ 2 jam.
  • Masih sama seperti Langkah – 1. Buang air cucian beras, lalu ganti dengan yang baru. Cuci dan rendam kembali selama 1 ~ 2 jam. Nanti akan dijelaskan.
  • Buang air cucian beras, lalu masukan Garam ke dalam beras. Aduk-aduk dan pastikan garam tercampur merata ke seluruh bagian beras.
  • Mulai masukan Beras ke Anyaman Ketupat. Isi anyaman dengan beras kira-kira 2/3 dari ukuran anyaman tersebut. Jangan terlalu penuh atau kurang.
  • Siapkan panci, lalu rebus ketupat selama kurang lebih 2 ~ 3 jam. Selesai, ketupat cantik siap disajikan!
Keyword Ketupat

3 Hal Yang Wajib Diperhatikan Agar Ketupat Cantik dan Awet

Kenapa ya ketupat buatan saya benyek?

Kenapa ya ketupat buatan saya bentuknya tidak rapi seperti di gambar?

Pertanyaan seperti itu pasti sering muncul. Untuk menjawab itu semua, pastikan kamu memperhatikan hal-hal ini saat membuat ketupat di rumah.

1. Gunakan Beras Berkualitas Bagus

Sumber: Toko Beras Fatjar

Untuk membuat ketupat yang sempurna, dibutuhkan Beras Pulen. Ini juga mengapa beras harus dicuci dan direndam sebanyak dua kali.

Saat menggunakan beras berkualitas rendah, umumnya Beras Pera. Inilah salah satu yang menyebabkan bentuk ketupat tidak bagus, juga tidak awet.

2. Mengisinya Pas, Tidak Kurang Atau Lebih

Anyaman ketupan diisi kurang lebih 2/3 dari ukuran anyaman tersebut. Apabila lebih atau kurang, tentu saja akan mempengaruhi bentuknya.

Apabila diisi terlalu banyak, anyaman bisa pecah dan ketupat akan keras. Apabila diisi terlalu sedikit, anyaman bisa kempis dan akan lembek.

3. Gunakan Garam

Sumber: Shutter Stock

Sering membuat ketupat tanpa menambahkan garam? Ini dia masalahnya. Jangankan ketupat, bahkan lontong juga baiknya memakai garam.

Apa sih manfaat garam dalam pembuatan ketupat? Yaitu agar beras menjadi kenyal. Jika sudah kenyal, tentu bentuk cantik jauh lebih mudah terjaga.

Penutup

Itulah dia cara membuat ketupat enak, cantik dan tahan lama. Tidak terlalu sulit bukan jika sudah tahu? Memang prosesnya memakan waktu cukup lama.

Selamat mencoba resepnya! Apabila kamu membuat ketupat di rumah, bisa share hasil foto masakan kamu melalui kolom komentar ya. Terimakasih.

Futri Qamarina

Sangat menyukai bidang makanan seperti memasak dan kuliner. Pernah mengikuti beragam pelatihan memasak dan bercita-cita menjadi seorang chef.

Lihat Profil

Komentar Pembaca


Yuk Nilai Resepnya!





*Email tidak dipublikasi.

Komentar Facebook