Cara Membuat Kue Pancong Kelapa Jajanan SD

Karena terbuat dari kelapa, kue pancong dan adonannya tidak bisa tahan lama. Kemungkinan seharian, rasanya bisa menjadi asam atau basi.
cara membuat kue pancong kelapa
cara membuat kue pancong kelapa

Resep cara membuat kue pancong, adalah salah satu jajanan populer zaman sekolah dulu. Rasa gurih dan manis kelapanya, sangat enak sekali.

Kue pancong merupakan makanan tradisional yang dapat ditemukan di Nusantara, dan cukup populer. Berasal dari Bandung dan ada yang menyebutnya sebagai makanan khas Betawi. Kue pancong terbuat dari beras giling, santan, telur dan gula. Adonan tersebut kemudian dicampur dengan kelapa parut dan digulung menjadi bola-bola di atas piring yang telah dilapisi adonan manis. Biasanya dipanggang dalam wajan berbentuk khusus setengah lingkaran wajan.

Kue pancong sering kali bentuknya sama dengan kue pukis dan sulit dibedakan. Itu terbuat dari tepung beras dan kelapa, bukan mentega, telur, dan tepung. Hal ini membuat kedua tekstur & rasanya sangat berbeda.

Kue Pancong hampir sama seperti pukis yang bisa menyesuaikan selera anak jaman sekarang dengan aneka topping, kue pancong bisa disajikan dengan rasa lebih beragam.

Kue pancong bukan merupakan hal baru dalam dunia jajanan. Kue pancong adalah makanan penutup khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, santan, daun pandan, dan gula. Mereka dapat disajikan dengan berbagai topping termasuk irisan pisang, kelapa parut, susu kental dan bawang merah goreng. Cara membuat kue pancong pun cukup mudah.

Saat ini sayangnya, pedagang kue tradisional ini sangat jarang. Untuk itu daripada sulit mencarinya, kamu bisa coba buat sendiri. Berikut resepnya.

cara membuat kue pancong kelapa

Cara Membuat Kue Pancong Kelapa Jajanan SD

Karena terbuat dari kelapa, kue pancong dan adonannya tidak bisa tahan lama. Kemungkinan seharian, rasanya bisa menjadi asam atau basi.
Waktu persiapan 15 menit
Waktu masak 15 menit
Total waktu 30 menit
Kategori Cemilan
Masakan Indonesia
Porsi 15 Buah
Kalori 81 kcal

Bahan-Bahan
  

Bahan Utama

  • 650 ml / 0,5 Butir Kelapa Santan
  • 250 gr / 0,5 Butir Kelapa Parut
  • 250 gr / 17 Sdm Tepung Beras
  • 15 gr / 1 Sdm Tepung Terigu
  • 1 Lembar Daun Pandan
  • 0,5 Sendok Teh Garam

Bahan Taburan

  • Gula Pasir Secukupnya

Langkah-Langkah
 

  • Siapkan kukusan, lalu masukan “Kelapa Parut” dan “Daun Pandan”. Kukus dengan api sedang hingga matang, atau sekitar 10 ~ 15 menit. Sisihkan.
  • Siapkan panci, lalu masukan “Santan Kelapa”. Gunakan api sedang, masak sambil terus diaduk hingga mendidih sekitar atau 10 ~ 15 menit. Sisihkan.
  • Siapkan wadah lalu masukan “Tepung Beras”, “Tepung Terigu”, “Garam”, “Kelapa Parut” dan “Kelapa Santan” yang hangat atau sudah agak dingin.
  • Aduk memakai whisk atau spatula kue atau mixer, lakukan sampai benar-benar tercampur rata. Untuk lebih yakin tidak ada gumpal, bisa disaring.
  • Siapkan cetakan kue pancong, lalu oles margarin atau minyak goreng. Lanjut tuangkan “Adonan Kue”, lalu masak memakai api kecil agak sedang.
  • Tutup cetakan kue pancong, lalu tunggu 5 ~ 10 menit. Setelah setengah matang, beri taburan “Gula Pasir”. Masak kembali 5 ~ 10 menit. Selesai.
Kata kunci Cara Membuat Kue Pancong, Kue Pancong

Penutup

Itulah dia cara membuat kue pancong yang rasanya manis dan gurih. Setelah melihat resepnya, ternyata sederhana ya. Selamat mencoba di rumah!

Apabila ada yang kurang jelas, jangan ragu untuk tanya kami. Bantu share juga resep ini ke Facebook, Twitter dan Instagram ya. Terimakasih banyak.

Tim Redaksi
Tim Redaksi adalah sebuah tim yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam resep masakan dan mahir dalam membuat panduan masakaan, minuman dan lainnya.