Manfaat Durian Untuk Kesehatan

Haloo tukang makan! Pada artikel kali ini caramembuat.id mau mengajak para tukang makan buat belah durian nih, eh salah maksudnya membahas tentang durian nih, hehehe. Lebih tepatnya membahas tentang manfaat durian untuk kesehatan.

Buah yang ternyata di samping menghasilkan aroma yang kurang sedap, buah durian juga menjadi primadona bagi sebagian masyarakat karena durian memiliki daging buah yang bertekstur lembut dibalur dengan cita rasa yang manis. Di samping memiliki aroma yang khas dan juga rasa yang nikmat, ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan loh, karena mengandung mengandung vitamin C dan vitamin B6. Kandungan zat gizi durian lainnya yakni tiamin, mangan, kalium, riboflavin, tembaga, folat, magnesium, dan niacin. Kira-kira apa sih manfaat durian untuk Kesehatan ya? yuk simak manfaat durian untuk kesehatan pada artikel di bawah ini ya para tukang makan.

Manfaat Buah Durian

1. Memperbaiki Suasana Hati

Ayo para tukang makan yang lagi galau, gundah gulana, atau sedang memiliki mood yang kurang baik, cobain deh makan durian karena melansir dari Shape, durian memiliki manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah menunjang kesehatan mental dengan memperbaiki suasana hati.

Mengonsumsi durian dapat membawa perasaan Bahagia pada orang yang mengonsumsinya, karena diyakini durian mengandung asam amino triptofan yang bisa diubah menjadi serotonin, yang mana zat ini dapat menumbuhkan perasaan Bahagia, tenang juga membawa efek rileks.

2. Mengatasi Sulit Tidur

Kalau lagi galau, gundah gulana, dan juga mood lagi kurang stabil, biasanya kita jadi kurang tidur, atau sebaliknya bila kita kurang tidur dapat memunculkan efek-efek yang kurang baik terhadap mood dan kesehatan mental kita.

Didalam durian ini mengandung triptofan yang dapat di rubah menjadi hormon melatonin yang mana hormone ini dapat mengontrol siklus tidur kita menjadi lebih baik, sehingga tukang makan menjadi lebih mudah tidur, dan dapat memperbaiki Kesehatan mental kita juga loh. Buat para tukang makan yang baru putus dari pacarnya coba deh konsumsi durian supaya lebih tenang hehehe.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Durian juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang lain, yaitu dapat mengontrol tekanan darah loh para tukang makan, karena di dalam buah durian ini mengandung potassium sama seperti pisang yang merupakan elektrolit yang mampu menjaga kestabilan darah.

Buat tambahan informasi nih bagi para tukang makan, tekanan darah yang tinggi atau hipertensi bisa menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, dan juga gagal ginjal loh, waduh menyeramkan banget yah guys, coba yuk mulai sekarang konsumsi durian lebih sering lagi hehehe.

4. Memasok Energi

Buat para tukang makan yang aktif di luar dan memiliki segudang aktivitas, ada baiknya coba mengonsumsi buah durian deh, karena buah durian ini diyakini mengandung asupan karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Karbohidrat dari dua potong buah durian dapat memberikan energi setara dengan satu buah pisang berukuran sedang loh teman makan! Oiya ada baiknya bila dikonsumsi sebelum berolahraga, karena dapat memberikan masukan energi instant ke dalam tubuh loh.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ternyata durian sama seperti segelas susu loh tukang makan mengandung zat besi dan juga tembaga loh yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Jadi yang bagi para tukang makan yang sudah merasa jompo ayo deh mulai sekarang mulai konsumsi buah durian yuk supaya Kesehatan tulangmu terjaga, dan bisa sehat sampai tua deh hehehe.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C, yap! bener banget, buah durian ternyata banyak mengandung vitamin C, nggak tanggung-tanggung loh dalam jumlah besar dengan estimasi kalkulasi mengonsumsi buah durian sebanyak 243-gram bisa mencukupi 80 persen kebutuhan vitamin C sepanjang hari.

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C memiliki sifat antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas dari paparan asap rokok, polusi, dan sinar ultraviolet. Hal itu bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, seperti mengurangi bintik hitam dan mencegah kerutan halus di kulit.

7. Mendukung Kesehatan Jantung

Jantung kita ini ternyata dapat juga terjaga kesehatannya loh para tukang makan dengan mengkonsumsi buah durian karena seperti yang dilansir oleh Verywell Fit, buah durian mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab utama penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, durian juga banyak mengandung serat dan lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

8. Menunjang Kehamilan yang Sehat

Naah bagi para bumil-bumil nih, durian juga punya manfaat loh yang sayang dilewatkan untuk tidak dikonsumsi, karena ternyata durian ini memiliki kandungan folat dan Vitamin B esensial yang mampu menunjang perkembangan janin dan mampu mencegah komplikasi berbahaya selama kehamilan.

Pada artikel sebelumnya bila bumil mau tahu lebih lanjut Bang Maul sudah mengulas makanan-makanan apa saja yang direkomendasikan untuk para bumil loh, yuk manga dilihat dulu ya.

9. Mencegah Nyeri Sendi

Nah ini bagi kaum jompo nih Bang Maul mau nyinggung lagi ah yang suka pegel-pegel hehehe ada baiknya mulai konsumsi durian yah karena tingginya kandungan Vitamin C pada durian ini tidak hanya sebatas untuk melawan radikal bebas, akan tetapi diyakini juga mampu mencegah nyeri sendi loh.

Kekurangan vitamin C dapat memicu nyeri sendi. Pasalnya, zat gizi ini berkontribusi dalam pembuatan kolagen. Kolagen adalah protein penting untuk menjaga kesehatan sendi, otot, tulang, tendon, ligamen, pembuluh darah, kulit, lapisan usus, sampai jaringan ikat.

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Siapa disini yang BAB nya kurang lancar? Berarti kalian kekurangan prebiotic nih, nah durian ini mampu menjadi bakteri baik di saluran pencernaan kita loh yang mampu memperlancar pencernaan sehingga membantu memudahkan untuk BAB.

Kandungan gula yang terdapat dalam karbohidrat durian secara alami dapat terfermentasi setelah bereaksi dengan bakteri baik di usus. Selain itu, durian juga banyak mengandung serat yang bisa menambah massa tinja, dan berguna menjaga kelancaran pencernaan.

Nah diatas sudah Bang Maul bahas mengenai manfaat durian untuk kesehatan ya tukang makan, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kalian nih, buah durian ini termasuk kedalam makanan tinggi kalori dan karbohidrat. Jadi, ada baiknya orang yang punya penyakit darah tinggi, diabetes, dan obesitas membatasi konsumsinya tak lebih dari dua butir durian berukuran sedang.

Tim Redaksi
Tim Redaksi adalah sebuah tim yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam resep masakan dan mahir dalam membuat panduan masakaan, minuman dan lainnya.