Manfaat Keju Untuk Kesehatan

Manfaat Keju Photo by Dana Warda on Unsplash
Manfaat Keju Photo by Dana Warda on Unsplash

Siapa disini yang suka keju? Keju memang sangat enak untuk dinikmati. Rasanya yang khas, creamy dan agak asin memang membuat orang jadi ketagihan. Selain nikmat untuk di konsumsi, Keju juga banyak loh manfaatnya.

Manfaat dari keju sangat banyak untuk Kesehatan, salah satunya adalah untuk tulang karena kandungan susunya. Tetapi tidak hanya itu, masih banyak lagi manfaat dari keju untuk Kesehatan. Sebelum kita bahas tentang manfaat keju untuk Kesehatan, kita cari tau dulu ya jenis-jenis keju ada apa saja ya.

Menganal 12 jenis-jenis keju

1. Keju Cheddar

Jenis keju ini yang paling sering kita jumpai di pasaran. Nama Cheddar ini diambil dari asalnya yaitu sebuah desa di Inggris bernama Cheddar. Keju ini teksturnya cukup keras, karena itu sering disajikan dalam bentuk parutan. Keju ini sering dijadikan bahan dasar kue atau topping untuk roti.

Keju cheddar yang masih berwarna putih kekuningan berarti memiliki umur yang masih mudah karena semakin tua warnanya dan keras teksturnya akan semakin tua juga umur kejunya.

2. Keju Parmesan

Keju Permesan juga cukup terkenal dan mudah untuk didapatkan walaupun harganya memang lebih mahal kalau dibandingkan keju cheddar. Keju ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk karena memang sering dijadikan taburan di atas makanan seperti pizza ataupun pasta.

 Keju parmesan bersalah dari parma, italia ini membutuhkan waktu cukup sebentar untuk diolah, mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan. Tekstur keju yang terbuat dari susu sapi ini juga tergolong padat.

3. Keju Mozarela

Jenis keju ini juga cukup banyak digemari karena teksturnya yang cukup unik. Tekstur yang lembut, lunak dan meleleh membuat keju ini lebih nikmat kalau disajikan dalam keadaan hangat.

4. Keju Edam

Keju ini adalah jenis keju yang cukup keras. Nama edam didapatkan dari kota asalnya di Belanda, yaitu kota Edam. Bentuk dari keju ini cukup unik karena warna merah di kulit luarnya yang seperti buah apel. Warna merah ini di dapatkan dari campuran paraffin. Keju edam biasa digunakan untuk campuran kue kering  atau juga campuran buah. Keju ini mempunyai kadar lemak yang rendah jadi sangat cocok untuk kamu yang diet

5. Keju Gouda

Jenis keju ini mungkin agak jarang dijumpai di pasaran. Keju ini mempunyai rasa manis yang lebih tinggi dibanding yang lainnya. Rasa manis itu muncul karena proses pemanasan susu sapi yang didihkan hingga membuat kandungan asam laktat hilang.

6. Keju Stilton

Nama keju ini memang cukup asing ditelinga kita orang Indonesia karena memang kurang banyak peminatnya. Kalau kamu punya lidah bule kamu mungkin akan suka keju ini. Keju ini menggunakan bakteri atau jamur dalam proses pembuatan kejunya. Karena itu ada corak kebiruan karena proses pasteurisasi dengan bakteri atau jamur

7. Keju Creve

Keju yang diproduksi dari negara Prancis ini memiliki rasa yang sedikit asam karena proses fermentasi yang cukup lama. Tekstur dari keju ini juga lebih lunak dari keju biasanya. Jenis keju ini cocok untuk dijadikan topping sandwich atau salad.

8. Keju Emmental

Bentuk dari keju ini memang cukup ikonik, ya seperti gambar keju di kartun-kartun. Bentuk  berlubang dari keju asal negara Swiss ini memang sangat khas. Keju ini juga mempunyai rasa yang gurih.

9. Keju Camembert

Keju ini berasal dari Normandy, Prancis. Rasa dari keju ini cukup asin seperti mentega. Tekstur yang lembut dan mudah meleleh dari keju ini membuat keju ini sering dijadikan bahan untuk olesan.

10. Blue Cheese

Keju ini memang mirip dengan keju Stilton, tetapi keju ini berasal dari lokasi yang berbeda. Blue cheese yang berasal dari Denmark ini memang mempunyai rasa dan aroma yang sangat khas dan cukup kuat. Bisa dibilang bau dari Blue Cheese ini sangat tajam, apalagi untuk kita orang Indonesia

11. Cream Cheese

Keju yang satu ini sudah lumayan awam untuk ditelinga kita. Tekturnya yang lembut sangat cocok untuk jadi olesan. Rasanya yang creamy, sedikit manis dan gurih juga membuat keju ini mempunyai banyak penggemar

12. Cheese Spread

Ini adalah jenis keju yang terakhir. Ini juga jenis keju olesan yang mirip dengan cream cheese tetapi sebenarnya sangat berbeda. Itu karena kandungan lemak dari cheese spread lebih rendah dari cream chese. Jadi kalau kamu sedang diet bisa menggunakan jenis keju yang satu ini.

Nah setelah kita mengenal 12 jenis keju, ini saatnya kita masuk ke Manfaat keju untuk Kesehatan.

8 Manfaat keju untuk Kesehatan

1. Kadar kolestrol baik

Dibandingkan dengan jenis lemak trans yang lainnya, lemak dalam keju termasuk ke dalam lemak baik. Konsumsi keju setiap hari dengan porsi yang tepat tentunya dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Hal ini sudah didukung dengan penelitian yang melibatkan lebih dari 120 orang dewasa. Selama 10 minggu mereka mengonsumsi keju secara rutin dan hasilnya adalah kolesterol baik dalam tubuh meningkat.

2. Keju dapat membantu mengontrol hormon insulin

Kandungan lemak yang terbentuk karena proses fermentasi keju yang disebut Trans Palmitoleic acid ini terbukti dapat membantu untuk mengontrol kadar hormone insulin. Untuk kamu yang menderita diabetes, konsumsi keju dengan porsi yang tepat sangat bagus untuk kamu.

3. Untuk Kesehatan gigi

Keju yang kaya akan susu memang sangat bagus untuk gigi dan tulang. Itu semua karena keju memiliki kandungan yang bersifat anti-karsinogenik yang sangat bermanfaat  untuk mencegahnya gigi berlubang.

4. Membantu mencegah kanker

Kandungan asam linoleate dalam keju lah yang dapat membantu dalam mencegah kanker. Kandungan vitamin B dalam keju juga menjaga fungsi tubuh untuk melindungi tubuh dari penyakit.

5. Untuk berat badan seimbang

Lemak yang terkandung dalam keju memang cukup banyak, tetapi jika kamu memilih jenis keju yang tepat dari 12 jenis keju di atas keju sangat baik untuk tubuh kamu. Itu karena kandungan kalsium, protein, vitamin dan mineral sangat bagus untuk otot kamu dan membuat metabolisme menjadi lebih seimbang

6. Menguatkan Tulang

Hal ini sudah tidak asing lagi tentunya, keju memang sangat baik untuk tulang. Karena itu dianjurkan  untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan untuk lebih sering konsumsi keju. Vitamin B di dalam keju lah yang berperan penting dalam mendistribusikan kalsium ke dalam tubuh.

7. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis bukan hanya terjadi karena factor umur tetapi juga karena kekurangan kalsium. Kalsium & protein yang ada dalam keju tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah Osteoporosis.

8. Dapat membantu kelancaran kehamilan

Kandungan kalsium yang tinggi memang sangat dibutuhkan untuk Ibu hamil. Karena itu konsumsi keju saat hamil adalah hal yang sangat baik.

Semoga membantu ya artikel kali ini untuk kamu para tukang makan!

Untuk melihat kumpulan resep makanan lainnya, kamu bisa klik disini.

Tim Redaksi
Tim Redaksi adalah sebuah tim yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam resep masakan dan mahir dalam membuat panduan masakaan, minuman dan lainnya.