80+ Nama-nama Sayuran di Indonesia Beserta Khasiatnya

80 Nama Nama Sayuran dan Khasiatnya
80 Nama Nama Sayuran dan Khasiatnya

Nama-nama sayuran merupakan hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sayuran merupakan makanan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa nama-nama sayuran yang umum kita kenal adalah bayam, brokoli, kol, wortel, bawang putih, dan bawang merah. Namun, ternyata masih banyak nama-nama sayuran yang belum kita ketahui.

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang tergolong dalam kelompok tumbuhan biji-bijian. Sayuran dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sayuran daun dan sayuran buah. Sayuran daun biasanya memiliki rasa asam dan lembut, sedangkan sayuran buah biasanya memiliki rasa manis dan renyah.

Di Indonesia, kita dapat menemukan banyak sekali jenis sayuran yang dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional. Beberapa di antaranya adalah kangkung, sawi, ketimun, dan jagung. Sedangkan di luar negeri, terdapat jenis-jenis sayuran yang belum pernah kita dengar sebelumnya, seperti kubis Brussel, buncis, dan artichoke.

Sayuran juga dapat diolah menjadi berbagai masakan yang enak dan sehat. Mulai dari sup sayur, tumis sayur, sampai salad sayur. Selain itu, sayuran juga dapat dikonsumsi secara mentah, sebagai camilan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, mari kita mengenal lebih dalam tentang nama-nama sayuran yang dapat kita temukan di sekitar kita. Semoga dapat menambah pengetahuan dan memberikan inspirasi untuk mengkonsumsi sayuran secara rutin dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah nama-nama sayuran di Indonesia

1. Bayam

Bayam adalah sejenis sayuran yang memiliki daun hijau yang lebar dan tekstur kasar. Bayam kaya akan vitamin A, C, dan K serta mineral seperti kalsium, zat besi, dan magnesium. Khasiat dari bayam antara lain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

2. Kacang Panjang

Kacang panjang adalah sayuran yang terdiri dari batang panjang berwarna hijau dengan biji kecil di dalamnya. Kacang panjang kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan serat. Khasiat dari kacang panjang antara lain dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Labu Siam

Labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang berasal dari tanaman cucurbitaceae. Nama latinnya adalah Sechium edule. Sayuran ini memiliki bentuk buah yang mirip dengan labu, namun ukurannya lebih kecil dan warnanya hijau. Khasiat labu siam yang terkenal adalah sebagai sumber vitamin A, C, dan serat yang tinggi. Selain itu, labu siam juga dapat mengurangi risiko kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Buncis

Buncis adalah sayuran yang terdiri dari batang panjang berwarna hijau dan biji kecil di dalamnya. Buncis kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan serat. Khasiat dari buncis antara lain dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Wortel

Wortel adalah sayuran yang memiliki bentuk seperti batang panjang dengan kulit oranye. Wortel kaya akan vitamin A, vitamin C, dan serat. Khasiat dari wortel antara lain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

6. Sawi

Sawi adalah sayuran yang memiliki daun hijau yang lembut dan berbentuk seperti daun. Sawi kaya akan vitamin A, vitamin C, dan serat. Khasiat dari sawi antara lain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

7. Kangkung

Kangkung adalah sayuran yang memiliki daun hijau yang lembut dan tekstur halus. Kangkung kaya akan vitamin A, vitamin C, dan serat. Khasiat dari kangkung antara lain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

8. Selada

Selada adalah sejenis sayuran berwarna hijau yang terdiri dari daun yang tebal dan rimbun. Selada memiliki khasiat sebagai sumber vitamin C yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu menjaga kesehatan kulit.

9. Ketimun

Ketimun adalah sayuran berwarna hijau yang terdiri dari bulatan-bulatan kecil di permukaannya. Ketimun memiliki khasiat sebagai sumber air yang tinggi, sehingga dapat menjaga kadar air dalam tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

10. Bawang Merah

Bawang merah adalah sejenis bawang yang berwarna merah keunguan. Bawang merah memiliki khasiat sebagai sumber antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan menjaga kesehatan jantung.

11. Bawang Putih

Bawang putih adalah sejenis bawang yang berwarna putih keabu-abuan. Bawang putih memiliki khasiat sebagai sumber nutrisi yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

12. Daun Bawang

Daun bawang adalah sejenis daun yang berwarna hijau terang. Daun bawang memiliki khasiat sebagai sumber vitamin A yang tinggi, sehingga dapat menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem imun tubuh.

13. Tomat

Tomat adalah sayuran yang biasanya berwarna merah, tetapi juga dapat ditemukan dalam warna kuning, hijau, atau ungu. Tomat mengandung banyak vitamin C dan karotenoid, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.

14. Terong

Terong adalah sayuran berbentuk buah yang biasanya berwarna kuning atau ungu. Terong mengandung banyak vitamin C, potassium, dan serat, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

15. Paprika

Paprika adalah sayuran berbentuk buah yang dapat ditemukan dalam warna merah, kuning, hijau, atau ungu. Paprika mengandung banyak vitamin C dan antioksidan, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker.

16. Cabai

Cabai adalah sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan masakan untuk memberikan rasa pedas. Cabai memiliki bentuk yang kecil dan bulat, dengan warna yang bervariasi dari merah, hijau, hingga hitam. Cabai mengandung banyak vitamin C dan capsaicin yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

17. Cabai Hijau

Cabe hijau adalah sayuran berbentuk buah yang memiliki warna hijau cerah. Cabe hijau mengandung banyak vitamin C dan antioksidan, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker.

18. Buncis

Buncis jepang adalah sayuran berbentuk batang yang biasanya berwarna hijau atau ungu. Buncis jepang mengandung banyak vitamin C, potassium, dan serat, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

19. Bawang Bombai

Bawang bombai adalah sayuran berbentuk buah yang biasanya berwarna merah. Bawang bombai mengandung banyak kalium, vitamin C, dan antioksidan, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker.

20. Talas

Talas adalah sayuran berbentuk buah yang biasanya berwarna merah atau ungu. Talas mengandung banyak vitamin C, potassium, dan serat, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

21. Sawi Hijau

Sawi hijau adalah sejenis sayuran yang berwarna hijau dan memiliki bentuk yang panjang dan pipih. Sawi hijau memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Seledri adalah sayuran yang memiliki bentuk seperti batang dan berwarna hijau tua. Seledri mengandung vitamin A dan C yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

22. Kubis

Kubis adalah sayuran yang memiliki bentuk seperti bola dan berwarna putih atau hijau. Kubis mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Timun suri adalah sayuran yang memiliki bentuk seperti batang panjang dan berwarna hijau tua. Timun suri mengandung vitamin A dan C yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

23. Labu Kuning

Labu kuning adalah sayuran yang memiliki bentuk seperti bola dan berwarna kuning. Labu kuning mengandung vitamin A yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Kacang kapri adalah sayuran yang memiliki bentuk seperti biji-bijian dan berwarna putih atau hijau. Kacang kapri mengandung protein, kalsium, dan zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

24. Kacang Buncis

Kacang buncis adalah sayuran yang memiliki bentuk seperti biji-bijian dan berwarna hijau. Kacang buncis mengandung vitamin B dan C yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kacang tanah adalah sayuran yang memiliki bentuk seperti biji-bijian dan berwarna coklat atau hitam. Kacang tanah mengandung protein, karbohidrat, dan zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

25. Jengkol

Jengkol adalah salah satu jenis sayuran yang berasal dari tanaman leguminosae. Nama latinnya adalah Archidendron jiringa. Sayuran ini memiliki bentuk buah yang mirip dengan kacang, namun ukurannya lebih besar dan warnanya coklat kehitaman. Khasiat Jengkol yang terkenal adalah sebagai penurun kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, jengkol juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan ginjal.

26. Kacang Polong

Kacang polong adalah salah satu jenis sayuran yang berasal dari tanaman leguminosae. Nama latinnya adalah Pisum sativum. Sayuran ini memiliki bentuk buah yang mirip dengan kacang, namun ukurannya lebih panjang dan warna kulitnya hijau. Khasiat kacang polong yang terkenal adalah sebagai sumber protein, zat besi, dan kalium yang tinggi. Selain itu, kacang polong juga dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

27. Labu Air

Labu air adalah salah satu jenis sayuran yang berasal dari tanaman cucurbitaceae. Nama latinnya adalah Lagenaria siceraria. Sayuran ini memiliki bentuk buah yang mirip dengan labu, namun ukurannya lebih besar dan warnanya kuning kecoklatan. Khasiat labu air yang terkenal adalah sebagai sumber vitamin A, C, dan serat yang tinggi. Selain itu, labu air juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

28. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah nama umum untuk berbagai jenis kacang-kacangan yang berwarna hijau dan biasanya tumbuh di musim semi hingga panas. Khasiat kacang hijau terutama terletak pada kandungan protein, serat, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

29. Kacang Tolo

Kacang tolo adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari Asia Tenggara dan terkenal akan rasa dan teksturnya yang lembut. Khasiat kacang tolo antara lain dapat meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah kanker, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

30. Kacang Garbanzo

Kacang garbanzo adalah nama lain dari kacang kedelai yang umum ditemukan di Eropa dan Timur Tengah. Khasiat kacang garbanzo terutama terletak pada kandungan protein, serat, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, tulang, dan sistem pencernaan.

31. Lobak

Lobak adalah nama umum untuk jenis sayuran yang berwarna putih atau merah dan memiliki tekstur yang lembut. Khasiat lobak antara lain dapat menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

32. Jamur Tiram

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang memiliki bentuk seperti bola berwarna putih keabuan dengan permukaan licin. Jamur tiram memiliki kandungan protein, vitamin, mineral, dan asam folat yang tinggi. Khasiat jamur tiram antara lain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan tulang.

33. Acorn Squash

Acorn Squash adalah jenis sayuran yang berbentuk seperti labu kecil dengan permukaan kulit yang kasar dan kulit berwarna hijau tua. Dagingnya berwarna kekuningan dengan rasa yang manis dan sedikit pahit. Acorn Squash sering dimakan dengan cara dipanggang atau dibakar.

34. Andewi

Andewi adalah jenis sayuran yang berbentuk seperti bawang bombay dengan permukaan kulit yang halus dan berwarna hijau kehijauan. Dagingnya berwarna putih dengan rasa yang lembut dan sedikit pedas. Andewi sering dimakan dengan cara ditumis atau dicampur dalam masakan lain.

35. Artichoke

Artichoke adalah jenis sayuran yang berbentuk seperti bunga besar dengan permukaan daun yang tebal dan kasar. Dagingnya berwarna putih dengan rasa yang lembut dan sedikit asam. Artichoke sering dimakan dengan cara dipanggang atau direbus dan dikonsumsi bagian daunnya saja.

36. Asparagus

Asparagus adalah jenis sayuran yang berbentuk seperti batang yang panjang dan kurus dengan permukaan daun yang halus dan berwarna hijau. Dagingnya berwarna putih dengan rasa yang lembut dan sedikit asam. Asparagus sering dimakan dengan cara direbus atau dipanggang dan dikonsumsi bagian batangnya saja.

37. Bawang Bombay

Bawang bombay adalah sejenis bawang yang berasal dari India. Bawang ini memiliki bentuk yang bulat dan berwarna putih. Bawang bombay memiliki rasa yang lebih manis dan lebih halus dibandingkan bawang merah.

38. Bendi

Bendi adalah sejenis sayuran yang berasal dari India. Sayuran ini memiliki bentuk yang panjang dan berwarna hijau. Bendi memiliki rasa yang sedikit manis dan sedikit masam, serta memiliki banyak manfaat kesehatan.

39. Brinjal

Brinjal adalah sejenis sayuran yang terbuat dari buah terong. Sayuran ini memiliki bentuk yang bulat dan berwarna ungu. Brinjal memiliki rasa yang sedikit masam dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

40. Buncis

Buncis hitam adalah sejenis sayuran yang terbuat dari biji-bijian. Sayuran ini memiliki bentuk yang panjang dan berwarna hitam. Buncis hitam memiliki rasa yang sedikit manis dan sedikit asin, serta memiliki banyak manfaat kesehatan .

41. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang berasal dari keluarga kubis. Brokoli memiliki bentuk yang mirip dengan bunga dengan ranting-ranting kecil di atasnya. Brokoli kaya akan antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, dan kalsium.

42. Cendawan

Cendawan adalah sayuran yang biasa ditemukan di hutan dan merupakan bagian dari kingdom fungi. Cendawan memiliki bentuk yang beragam, mulai dari bulat, pipih, hingga bulat telur. Cendawan kaya akan protein, vitamin D, dan serat.

43. Daun Obat

Daun obat adalah sayuran yang biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun obat memiliki bentuk yang beragam, mulai dari bulat, pipih, hingga lonjong. Daun obat kaya akan antioksidan dan senyawa kimia yang bermanfaat untuk mengobati penyakit.

44. Daun Singkong

Daun singkong adalah sejenis sayuran yang terbuat dari daun tanaman singkong. Daun singkong memiliki rasa yang sedikit pahit dan memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, dan kalsium. Daun singkong biasanya dimasak dengan cara direbus atau ditumis.

45. Escarole

Escarole adalah sejenis sayuran yang terbuat dari daun lettuce yang tumbuh di daerah dingin. Escarole memiliki rasa yang sedikit pahit dan memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin K, vitamin A, dan kalium. Escarole biasanya dimakan sebagai salad atau ditambahkan ke dalam sup.

46. Gambas

Gambas adalah sejenis udang kecil yang biasanya dimakan sebagai sayuran. Gambas memiliki rasa yang sedikit asin dan memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein, vitamin B12, dan kolin. Gambas biasanya dimasak dengan cara dibakar atau ditumis dengan bumbu-bumbu yang sedap.

47. Jagung

Jagung adalah sejenis sayuran yang terbuat dari biji-bijian tanaman jagung. Jagung memiliki rasa yang manis dan memiliki banyak kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan serat. Jagung biasanya dimakan sebagai makanan pendamping atau diolah menjadi produk makanan lain seperti jagung manis atau keripik jagung.

48. Jalapeno

Jalapeno adalah sejenis sayuran yang terbuat dari buah tanaman cabai jalapeno. Jalapeno memiliki rasa yang pedas dan memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, dan kalsium. Jalapeno biasanya dimakan sebagai bahan tambahan di masakan atau diolah menjadi sambal.

49. Jamur

Jamur adalah sejenis sayuran yang terbuat dari bagian tubuh jamur yang tumbuh di tanah. Jamur memiliki rasa yang sedikit umami dan memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein, vitamin D, dan kalsium. Jamur biasanya dimakan sebagai sayuran atau ditambahkan ke dalam masakan sebagai bahan tambahan.

50. Kacang Bogor

Kacang bogor adalah salah satu jenis kacang yang memiliki bentuk dan ukuran yang mirip dengan kacang polong. Kacang ini biasanya tumbuh di daerah bogor dan memiliki rasa yang sedikit manis. Kacang bogor juga kaya akan protein dan serat yang baik untuk kesehatan.

51. Kacang Hitam

Kacang hitam adalah jenis kacang yang memiliki warna kulit hitam dan memiliki rasa yang sedikit pahit. Kacang hitam kaya akan antioksidan dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Kacang hitam juga dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat tahini dan hummus.

52. Kacang Kelisa

Kacang kelisa adalah jenis kacang yang memiliki bentuk yang agak lonjong dan warna kulit yang kemerahan. Kacang kelisa memiliki rasa yang sedikit manis dan sangat populer di Asia. Kacang kelisa kaya akan protein dan serat yang baik untuk kesehatan.

53. Kacang Kuning

Kacang kuning adalah jenis kacang yang memiliki warna kulit kuning dan memiliki rasa yang sedikit manis. Kacang kuning juga merupakan sumber protein yang baik dan kaya akan vitamin dan mineral. Kacang kuning biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat tahini dan hummus.

54. Kailan

Kailan adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki daun hijau yang lembut dan memiliki rasa yang sedikit manis. Kailan juga merupakan sumber vitamin C dan kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Kailan biasanya diolah dengan cara direbus atau ditumis.

55. Kecambah

Kecambah adalah jenis sayuran yang terbuat dari biji-bijian yang ditanam dan dibiakkan hingga tumbuh menjadi benih. Kecambah biasanya kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan. Kecambah juga bisa diolah dengan cara direbus atau ditumis sebagai lalapan atau pelengkap masakan.

56. Kecipir

Kecipir adalah jenis sayuran berbentuk bulat dengan kulit yang keras dan daging dalamnya yang lembut dan berwarna putih. Kecipir sering digunakan dalam masakan sebagai bahan tambahan untuk memberikan tekstur dan rasa yang lebih lezat.

57. Keledek

Keledek adalah jenis sayuran berbentuk bulat dengan kulit yang keras dan daging dalamnya yang lembut dan berwarna putih atau kuning. Keledek sering digunakan dalam masakan sebagai bahan utama dalam sup atau salad.

58. Kemiri

Kemiri adalah jenis sayuran berupa biji-bijian yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Biji kemiri sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk memberikan rasa gurih dan aroma yang khas.

59. Kentang

Kentang adalah jenis sayuran berbentuk bulat dengan kulit yang keras dan daging dalamnya yang lembut dan berwarna putih. Kentang sering digunakan sebagai bahan utama dalam masakan seperti kentang goreng atau mashed potatoes.

60. Ketumbar

Ketumbar adalah jenis sayuran berupa biji-bijian yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Biji ketumbar sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk memberikan rasa pedas dan aroma yang khas.

61. Kubis

Kubis bunga adalah jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti kerucut dan berwarna putih. Bibitnya dapat tumbuh dengan cepat dan biasanya digunakan sebagai bahan masakan seperti sup atau tumis.

62. Kubis Brussel

Kubis brussel adalah jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti bola kecil dengan warna hijau tua. Bibitnya dapat tumbuh dengan cepat dan biasanya digunakan sebagai bahan masakan seperti rebusan atau gorengan.

63. Kucai

Kucai adalah jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti batang panjang dengan warna hijau. Bibitnya dapat tumbuh dengan cepat dan biasanya digunakan sebagai bahan masakan seperti tumis atau sup.

64. Labu Manis

Labu manis adalah jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti labu dengan warna hijau atau oranye. Bibitnya dapat tumbuh dengan cepat dan biasanya digunakan sebagai bahan masakan seperti tumis atau rebusan.

65. Lada

Lada adalah jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti biji dengan warna hijau atau merah. Bibitnya dapat tumbuh dengan cepat dan biasanya digunakan sebagai bahan masakan seperti tumis atau sambal.

66. Lobak

Lobak merah adalah jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti batang panjang dengan warna merah. Bibitnya dapat tumbuh dengan cepat dan biasanya digunakan sebagai bahan masakan seperti tumis atau sup.

67. Lobak Cina

Lobak Cina adalah jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti batang panjang dengan warna hijau atau putih. Bibitnya dapat tumbuh dengan cepat dan biasanya digunakan sebagai bahan masakan seperti tumis atau sup.

68. Loncang

Loncang adalah sayuran yang memiliki bentuk bulat dan permukaan yang kasar. Daunnya berwarna hijau tua dan sering digunakan sebagai bahan dasar untuk masakan sayur.

69. Lembayung

Lembayung adalah sayuran yang memiliki bentuk bulat dan berwarna hijau muda. Daunnya lembut dan sering digunakan sebagai bahan dasar untuk masakan sup.

70. Mint

Mint adalah sayuran yang memiliki bentuk daun yang lembut dan berwarna hijau muda. Daunnya beraroma segar dan sering digunakan sebagai bahan dasar untuk minuman atau sebagai bahan tambahan dalam masakan.

71. Okra

Okra adalah sayuran yang memiliki bentuk batang panjang dan berwarna hijau tua. Daunnya berwarna hijau muda dan sering digunakan sebagai bahan dasar untuk masakan sayur atau tumis.

72. Pegaga

Pegaga adalah salah satu jenis sayuran yang tergolong dalam keluarga halia. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk yang agak lebar dan berdaging. Rasa daun pegaga ini agak pahit, tetapi memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

73. Peria

Peria adalah sayuran yang tergolong dalam keluarga persik. Buahnya berbentuk bulat dengan kulit yang tebal dan agak kasar. Di dalamnya terdapat banyak biji yang keras dan berwarna putih. Rasa peria ini agak asam dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

74. Petai

Petai adalah jenis sayuran yang tergolong dalam keluarga kacang-kacangan. Buahnya berbentuk panjang dengan kulit yang keras dan berwarna hijau. Di dalamnya terdapat banyak biji yang keras dan berwarna putih. Rasa petai ini agak pahit dan baunya sangat khas.

75. Petola

Petola adalah salah satu jenis sayuran yang tergolong dalam keluarga kubis. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk yang agak lebar dan berdaging. Rasa daun petola ini agak asam, tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

76. Pucuk Paku

Pucuk paku adalah salah satu jenis sayuran yang tergolong dalam keluarga paku-pakuan. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk yang agak panjang dan berdaging. Rasa daun pucuk paku ini agak pahit, tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

77. Selada Air

Selada air adalah salah satu jenis sayuran yang tergolong dalam keluarga selada. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk yang agak lebar dan berdaging. Rasa daun selada air ini agak asam, tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

78. Sengkuang

Sengkuang adalah sayuran berwarna hijau yang berbentuk seperti bulatan. Ia memiliki kulit yang halus dan daging yang lembut, dengan rasa yang sedikit manis dan kaya akan nutrisi. Sengkuang biasanya dimakan sebagai lalap atau dijadikan sebagai bahan dasar untuk sup.

79. Serai

Serai adalah sayuran berwarna hijau yang berbentuk seperti batang. Ia memiliki aroma yang khas dan sedikit berbau. Serai sering dimakan sebagai bahan pelengkap dalam masakan, seperti sate, nasi goreng, atau sop.

80. Kangkung

Sayur kangkung adalah jenis sayur daun yang berasal dari daerah tropis dan subtropis. Daunnya berwarna hijau tua dengan bentuk yang lebar dan licin. Kangkung memiliki rasa yang sedikit pahit dan kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, C, dan K, serta kalsium dan zat besi. Sayur ini sering dimasak dengan cara direbus atau ditumis dengan bahan lain seperti tempe atau tahu.

81. Terung

Terung adalah sayuran berwarna ungu yang berbentuk seperti bulatan. Ia memiliki kulit yang kasar dan daging yang empuk, dengan rasa yang sedikit pahit. Terung biasanya dimakan sebagai lalap atau dijadikan sebagai bahan dasar untuk sup.

82. Zucchini

Zucchini adalah sayuran yang terdiri dari buah-buahan yang tumbuh di atas tanah. Buah ini memiliki bentuk yang panjang dan bundar, serta memiliki warna hijau atau kuning. Zucchini memiliki rasa yang lembut dan sedikit asam, sehingga sering digunakan untuk membuat salad atau dimasak dengan cara dibakar, goreng, atau ditumis.

Tim Redaksi
Tim Redaksi adalah sebuah tim yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam resep masakan dan mahir dalam membuat panduan masakaan, minuman dan lainnya.