Manfaat Nasi Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Beras Merah
Manfaat Beras Merah

Siapa nih yang lagi diet? Untuk yang lagi diet pasti sudah sangat awam dengan yang Namanya beras merah atau nasi merah. Sudah jadi kebiasaan atau Langkah pertama para pelaku diet untuk mengganti makanan pokoknya dari nasi putih ke nasi merah. Apa karena nasi merah lebih bagus dari nasi putih? Apa karena nasi putih penyebab kamu jadi gendut? Kalau makan nasi merah langsung kurus?

Disini kita akan kumpas tuntas manfaat nasi merah. Dari mulai vitamin yang terkandung dalam beras merah sampai perbandingannya dengan nasi putih.

Untuk yang mau diet coba disimak dulu, yuk!

Manfaat nasi merah yang sudah sering didengar dan sangat terkenal pasti karena kandungan serat yang tinggi. Nasi merah juga sebenarnya juga bagus bukan hanya untuk kamu yang mau diet. Semua bisa konsumsi nasi merah karena memang nutrisinya yang tinggi dan sangat baik untuk tubuh dan Kesehatan.

Kenapa beras merah lebih baik dari beras putih? Sebelum kita bahas lebih detail, singkatnya beras merah lebih bagus dari beras putih karena proses pengolahan beras merah yang lebih singkat. Proses pengolahan yang lebih singkat itu membuat kandungan nutrisi dari si beras merah ini menjadi lebih terjaga. Sedangkan proses untuk beras putih lebih lama yang membuat kandungan nutrisinya menjadi banyak berkurang.

Dalam seporsi beras merah, kurang lebih sekitar 200-gram terdapat:

  • 230-2450 kalori
  • 45–50 gram karbohidrat
  • 3–3,5 gram serat
  • 5-gram protein
  • 1,6–2-gram lemak
  • 80 miligram kalium
  • 80 miligram magnesium
  • 2 miligram natrium
  • 1,1 miligram zat besi

Sedangkan dalam 200-gram nasi putih terdapat:

  • 258 kalori
  • 0,56-gram lemak
  • 5,32-gram protein
  • 83,7-gram Karbohidrat
  • 0,8-gram serat
  • 0,1-gram gula
  • 732 miligram sodium
  • 70 miligram kalium

Nah, kalau kamu bandingkan sebenarnya nasi putih tidak seburuk itu juga. Tetapi, kandungan gizi dalam nasi merah memang lebih banyak dan karbohidratnya lebih tinggi jika dibandingkan nasi putih.

Tidak hanya itu beras merah juga mengandung vitamin B, zinc, mangan, kalsium dan juga fosfor. Beras merah juga aman ya untuk kamu yang memiliki alergi gluten.

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Manfaat beras merah
Manfaat beras merah

Beras merah memiliki banyak banyak manfaat untuk tubuh. Sangat cocok untuk kamu yang sedang ingin menjadi lebih sehat dan menjaga asupan tubuh.

1. Mengontrol berat badan

Karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi, beras merah dapat membuat kamu menjadi kenyang lebih lama. Karena alasan ini lah kalau kamu lagi diet sangat cocok untuk mencoba beras merah. Tetapi tetap harus bersamaan dengan olahraga, ya!

2. Membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler

Apa itu kardiovaskuler? Penyakit kardiovaskuler terjadi karena adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit jantung dan stroke merupakan dua penyakit kardiovaskuler yang paling banyak dikenal. Jadi untuk kamu yang sudah usia lanjut cocok banget nih makan nasi merah!

Kandungan antioksidan, kalium, magnesium, dan zat lignan sangat bagus untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Sudah terbukti dari beberapa penelitian bahwa beras merah dapat mencegah mencegah penumpukan kolesterol atau lemak jahat dalam darah. Selain itu dapat juga mencegah penyumbatan pembuluh darah dan juga mengontrol tekanan darah.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa  sudah lebih dari 560.000 orang menunjukkan kalau orang yang mengonsumsi serat makanan paling banyak, memiliki risiko 24-59 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, kanker, dan penyakit pernapasan. Sepenting itu serat untuk tubuh kita, ya!

3. Mengontrol kadar gula darah

Untuk kamu yang mempunya masalah dengan gula darah, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi nasi putih. Beras putih adalah makanan yang tergolong indeks glikemik tinggi, berarti nasi putih dapat meningkatkan kadar gula dara dengan cepat. Kenaikan gula darah yang cepat sangat dihindari untuk yang yang mempunyai penyakit diabetes. Gula darah yang tidak terkontrol sangat bahaya untuk penderita diabetes.

Sedangkan beras merah termasuk pada golongan glikemik rendah, jadi sangat aman untuk kamu penderita diabetes atau untuk kamu yang mau mengurangi resiko terkena diabetes.

4. Melancarkan pencernaan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, beras merah dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Jika kamu tipe orang yang suka sembelit, kamu wajib coba untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah. Tingginya serat tersebut dapat menjaga bakteri baik dalam usus yang fungsinya melancarkan pencernaan.

5. Mengurangi risiko kanker

Tingginya antioksidan, seperti asam folat dan flavonoid dalam beras merah yang dapat membantu untuk mengurangi resiko kanker. Antioksidan sudah sangat terkenal sebagai zat yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Tentunya, jaman sekarang ini kita pasti sangat mudah terpapar oleh radikal bebas.

6. Membantu menjaga Kesehatan tulang

Mungkin manfaat yang satu ini jarang didengar, ya! Beras merah juga bagus untuk menjaga Kesehatan tulang karena kandungan kalsium dan mineral yang ada di dalam beras merah. Kalsium bukan hanya bagus untuk tulang tetapi juga untuk gigi.

7. Untuk sistem saraf

Kandungan zat besi yang terdapat dalam beras merah juga bagus untuk fungsi saraf yang nantinya akan bermanfaat untuk mencegah penyakit otak.

8. Mencegah penyakit neurodegenerative.

Apa itu Gangguan Neurodegeneratif? Gangguan Neurodegeneratif merupakan istilah yang dipakai pada kehilangan yang progresif terhadap struktur atau fungsi sel neuron, termasuk kematian sel neuron. Seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan gamma-aminobutyric acid (GABA) dalam beras merah memiliki efek neuroprotektif terhadap penyakit neurodegenerative.

Dari semua manfaat yang sudah disebutkan di atas, tertarik tidak untuk beralih dari nasi putih ke nasi merah? Memang kalau dari rasa nasi putih terasa lebih pulen dan nikmat, ya! Tetapi tidak ada salahnya untuk mengutamakan Kesehatan kamu dibanding rasa yang hanya dinikmati sesaat.

Dari semua manfaat yang sudah disebutkan di atas, tertarik tidak untuk beralih dari nasi putih ke nasi merah? Memang kalau dari rasa nasi putih terasa lebih pulen dan nikmat, ya! Tetapi tidak ada salahnya untuk mengutamakan Kesehatan kamu dibanding rasa yang hanya dinikmati sesaat.

Cara memasak beras merah

Untuk kamu yang mau coba konsumsi nasi merah, berikut cara memasak beras merah agar terasa lebih nikmat dan hampir sama seperti memasak nasi putih.

  • Membilas beras merah dengan air yang bersih dan mengalir. Lakukan 2-3 kali bilas. Jangan terlalu banyak membilas beras merah agar tidak menghilangkan serat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalam beras merah.
  • Merendam beras merah sebelum dimasak agar mendapatkan hasil nasi merah yang empuk. Rendam selama 30 menit akan membuat tekstur beras merah menjadi lunak dan mudah mengembang saat dimasak.
  • Agar mendapatkan hasil yang maksimal, memasak di rice cooker menggunakan perbandingan 3:1 yaitu 3 cangkir air dan 1 cangkir beras merah.

Selamat mencoba! 

Tim Redaksi
Tim Redaksi adalah sebuah tim yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam resep masakan dan mahir dalam membuat panduan masakaan, minuman dan lainnya.