Putra Andalas Penulis Internal

Cara Mengetahui Backlink Spam / Negatif Secara GRATIS

Iklan

Bisa mengetahui seluruh backlink negatif, mirip seperti tools berbayar SEMRush ataupun Ahrefs, hanya saja ini 100% GRATIS.

Demi memenangkan peringkat SEO, kerap pesaing kita melakukan segala cara salah satunya dengan memberikan kita backlink negatif.

Backlink negatif yaitu backlink yang berasal dari situs bermuatan buruk seperti pornografi, judi, spam dan sejenisnya.

Iklan

Sebagai pemilik website kita perlu mengetahuinya, sekalipun banyak rumor mengatakan “Ah Google udah pinter, nanti juga diabaikan otomatis”.

Karena sayangnya Google tidak sepinter itu, bahkan banyak backlink spam justru dianggap bagus dan backlink betulan dari website berkualitas dianggap spam.

Iklan

Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa website spam masih banyak di Google, bahkan nggak jarang mereka menempati posisi 5 besar.

Lalu kadang tanpa suatu alasan yang jelas website betulan justru terkena hukuman tanpa sebab.

Gambar: Keberadaan Website Spam di Google
Iklan

Contohnya seperti kasus yang dialami oleh TrustedReview, karena besar turunnya traffic mereka sampai mengira bahwa Google meanggap website mereka spam.

Tapi lucunya saat John Mueller (karyawan Google) melakukan analisa, ya nggak ada yang salah sama websitenya.

Iklan

Ini adalah bukti betapa kurang pinternya si Google. Ini masih belum termasuk ketidak konsistensian mereka dalam menentukan peringkat di Google.

Mungkin beberapa tahun silam mereka pernah mengatakan, “Udah pemilik website fokus konten aja, nggak usah mikir teknis”.

Tapi sekarang, “Website itu harus cepet ya, jangan lupa struktur data yang bener, dan hal teknis lainnya”.

Iklan

Bahkan realitanya meski kita sudah membuat konten sangat bagus, lengkap video dan stories, eh kalah sama media sebelah yang isinya cuma teks pendek doang. skip malah curhat 😜

SEO Spyglass, Software Premium Harga Gratis

Ada banyak aplikasi untuk mencari tahu seluruh backlink negatif yang ada di situs kita, tapi kebanyakan adalah berbayar seperti Ahrefs atau SEMRush.

Untungnya ada solusi hemat terutama untuk blogger perorangan atau perusahaan kecil, yaitu dengan aplikasi SEO Spyglass. Download dan install terlebih dahulu aplikasinya lewat tautan berikut.

Iklan

SEO Spyglass sebenarnya juga ada versi berbayarnya, harganya yaitu 299 USD / tahun. Tergolong lebih murah daripada Ahrefs dan SEMRush yang ada di harga 990 USD / tahun.

Tapi sebetulnya untuk versi gratis SEO Spyglass ini sudah lebih dari cukup untuk perorangan dan perusahaan kecil.

Iklan

1. Kelebihan

Sebagai pertimbangan memakai software SEO Spyglass, berikut beberapa alasannya:

  • Gratis analisa hingga 1100 backlink terbaru.

Pada aplikasi lain misalnya lagi-lagi Ahrefs atau SEMRush versi gratis, umumnya kamu hanya bisa mengecek backlink paling-paling sampai 20 backlink saja.

Iklan
  • Informasi terkait mana backlink yang negatif.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas sebelumnya, masalahnya Google ini kadang menilai backlink spam justru sebagai backlink betulan yang bernilai positif.

Disinilah yang kadang kita serba salah, kita melakukan penolakan terhadap backlink yang kita anggap spam, padahal justru backlink itu bernilai positif.

Iklan

Makanya kita membutuhkan data analisa dari SEO Spyglass, dimana memberitahu kita perkiraan berapa persentasi risiko pinalti dari setiap backlink.

2. Kekurangan

Selain kelebihan, tentunya software SEO Spyglass ini juga punya kekurangan, apalagi versi gratisnya ini.

  • Informasi backlink negatif kurang akurat.

Dibandingkan dengan Ahrefs ataupun SEMRush misalnya, database backlink milik SEO Spyglass masih kurang luas.

Iklan

Tapi karena ini gratis dan untuk perusahaan kecil atau perorangan, masih sangat oke untuk dipakai.

Tapi jika kamu sudah perusahaan besar, sebaiknya memakai Ahrefs atau SEMRush saja.

  • Tidak bisa save proyek.

Setiap kali kamu melakukan pengecekan, kamu harus kembali memasukan data-data website kamu.

Iklan

Mulai dari yang sederhana seperti domain, menghubungkan ke Search Console, Analytic dan lain-lain.

Karena dalam versi gratis ini kamu tidak bisa save proyek ataupun eksport ke Microsoft Excel.

Tetapi ada sedikit trik untuk mengakali hal ini, yaitu tidak perlu menutup software SEO Spyglass. Selama tidak ditutup, data kamu tidak akan hilang.

PC atau laptop yang digunakan bisa cukup di sleep saja, tidak perlu di shut down.

Iklan
  • Limitasi setelah beberapa waktu.

Semakin besar situs yang kita miliki, akan semakin besar juga backlink yang perlu dianalisa.

Dan sayangnya seperti yang saya katakan di atas, software ini hanya mampu menganalisa hingga 1100 backlink, meski jumlah ini sendiri sudah cukup besar.

Iklan

Setelah nyaman memakai SEO Spyglass selama mungkin satu atau dua tahun, mungkin kamu terpaksa harus upgrade ke versi berbayar.

Tapi dengan semakin besar website kamu, tentu pendapatan juga bertambah, jadi sebetulnya masih oke kok.

Iklan

3. Cara Memakai

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit.

Langkah cara memakai software SEO Spyglass untuk mengetahui seluruh backlink negatif di situs kita, bisa kamu lihat berikut.

  1. Masukan Domain Situs

    Langsung saja buka software SEO Spyglass yang sudah kamu install, lalu masukan domain situs kamu pada windows yang tersedia, klik finish.

  2. Tunggu Pengecekan Backlink

    SEO Spyglass akan mulai mengecek backlink situs kamu berdasarkan database yang mereka miliki, tunggu sekitar 10 menit hingga selesai.

  3. Pilih Penalty Risk

    Lanjut klik Penalty Risk yang ada di tab kanan, lalu klik lagi Penalty Risk yang ada di tab tabel. Sekarang kamu bisa melihat daftar backlink negatif situs kamu.

Iklan

Catatan: Data di atas hanya data kasar milik SEO Spyglass, hubungkan dengan Search Console dan Analytic untuk lebih akurat.

Kesimpulan

Meski tidak sebegitu efektif seperti aplikasi yang berbayar, tapi SEO Spyglass tergolong cukup membantu untuk mengecek backlink yang dimiliki situs kita.

Untuk itu bagi kamu pemilk website saat ini yang mungkin merasa aneh trafik situsnya turun terus, tidak ada salahnya coba melakukan pengecekan dengan software ini. Selamat mencoba!

Iklan

Hobi di bidang teknologi seperti komputer dan smartphone. Namun paling disukai adalah bidang otomatisasi dan kecerdasan buatan (AI).

Iklan

Komentar Pembaca


Yuk Nilai Resepnya!





*Email tidak dipublikasi.

Iklan

Komentar Facebook

Iklan

Artikel Terkait

Iklan