5 Tips Membuat Martabak Manis Anti Gagal!

Tips Membuat Martabak Manis Anti Gagal
Tips Membuat Martabak Manis Anti Gagal

Lagi santai di rumah enaknya buat martabak manis, nih! Ada yang mau tahu tips cara membuat martabak yang empuk dan lembut? Yuk, simak tips di bawah ini!

Saking lezatnya kudapan Indonesia yang satu ini, di Internet dapat ditemukan berbagai cara membuat martabak manis. Tapi, sudah tahu belum kalau awalnya, martabak mulai terkenal di Bangka Belitung? Makanan ini dibuat oleh warga keturunan Tionghoa dengan nama asli Hok Lo Pan. Nama martabak manis juga bisa disebut terang bulan. Ada beberapa daerah yang menggunakan sebutan tersebut. Jadi, jangan bingung jika ada yang menyebut terang bulan, ya!

Martabak manis juga memiliki rasa yang bervariasi seperti coklat keju, coklat kacang, bahkan sekarang sudah dibuat lebih unik lagi. Contohnya, menggunakan selai coklat, coklat batangan, oreo, greentea, tiramisu, yang digemari oleh kalangan anak muda.

Membuat martabak manis pun sekarang sudah bisa dilakukan di rumah. Di bawah ada beberapa tips membuat martabak manis anti gagal

Mengaduk Rata Adonan

Adonan Martabak
Adonan Martabak

Saat membuat adonan martabak pastikan tidak ada gumpalan atau butiran. Hal ini dapat membuat adonan nantinya akan susah mengembang karena tidak tercampur dengan rata.

Cara agar adonan dapat tercampur dengan rata, perlu bersabar ketika menuangkan bahan atau susu ke dalam tepung. Jangan lupa untuk menggunakan mixer dengan kecepatan rendah

Memakai Baking Powder

Perbedaan Baking Soda vs Baking Powder
Perbedaan Baking Soda vs Baking Powder

Memakai pengembangan makanan pada adonan martabak bisa berbeda tiap resep ada yang melakukan di awal dan ada yang di akhir. Tetapi, kebanyakan menggunakan di awal karena baking powder sangat cepat bereaksi ketika bertemu dengan cairan.

Jika bingung membedakan baking powder dengan soda kue bisa baca ulasan ini.

Anda bisa mencampurkan bahan pengembang sesaat sebelum adonan dimasukkan ke dalam panggangan. Fungsi pengembang ini juga membantu ketika ingin membuat martabak yang terlihat bersarang atau berpori.

Menggunakan Wajan yang Tebal

wajan martabak manis
wajan martabak manis

Jika ingin membuat martabak ala pedagang kaki lima, Anda harus memastikan untuk menggunakan wajan yang tebal dan anti lengket. Biasanya terbuat dari besi atau baja. Hal ini nantinya akan memudahkan Anda untuk mengangkat adonan.

Wajan hanya perlu diolesi minyak secara merata tidak perlu menuang terlalu banyak supaya nantinya permukaan martabak tetap mulus.

Mengatur suhu

Salah satu keberhasilan dari cara membuat martabak manis ialah memasukkan adonan ketika wajan sudah panas. Alasannya, agar nanti permukaan martabak dapat menghasilkan sarang atau pori-pori yang cantik. Selain itu, martabak juga bisa mengembang dengan sangat baik.

Martabak manis siap disantap

Untuk tips terakhir ini, ketika permukaan martabak sudah padat Anda bisa menaburkan gula setelah itu menutupnya kembali untuk sementara. Langkah selanjutnya, baru menggunakan margarin, dan diikuti dengan menuangkan topping favorit.

Itu tadi, adalah tips membuat martabak manis yang mudah dan dapat dilakukan di rumah. Selamat mencoba!

Tim Redaksi
Tim Redaksi adalah sebuah tim yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam resep masakan dan mahir dalam membuat panduan masakaan, minuman dan lainnya.