Home » Tips Masak

Arti Frozen Food Beserta Ciri-Ciri Dan Contohnya

Frozen food merupakan istilah bisnis populer di zaman sekarang. Karena fleksibel dan bisa digeluti oleh semua kalangan. Untuk informasi dasar… Selengkapnya »Arti Frozen Food Beserta Ciri-Ciri Dan Contohnya

Frozen food merupakan istilah bisnis populer di zaman sekarang. Karena fleksibel dan bisa digeluti oleh semua kalangan. Untuk informasi dasar seputarnya, bisa kamu temukan di sini.

Arti Frozen Food Adalah

Mengutip dari Wikipedia, frozen food adalah istilah bahasa inggris yang berarti makanan beku. Makanan sendiri dibekukan merupakan proses dari pengawetan, agar bisa bertahan lebih lama dari yang seharusnya.

Proses pengawetan ini bisa terjadi karena pembekuan mengakibatkan dekomposisi, karena telah mengubah air menjadi es yang dapat menghambat pertumbuhan sebagian besar bakteri penyebab makanan basi.

Berkat metode ini, banyak makanan jadi bisa disimpan lebih lama tanpa perlu bahan pengawet kimia tambahan. Umumnya makanan yang dibekukan bisa bertahan sekitar 1 sampai 3 bulan tergantung jenis makanan.

Untuk itu tidak heran jika metode ini dipakai dalam bisnis makanan. Karena makanan yang belum laku hari ini atau minggu ini, masih bisa disimpan dalam waktu lama. Tinggal dihangatkan, lalu makanan akan segar kembali.

1. Ciri-ciri Frozen Food

  • Bersuhu -10°C Sampai -20°C

Untuk membuat makanan beku, umumnya rentang suhu tersebut dibutuhkan. Untuk kelas suplier atau distributor, umumnya memakai freezer khusus yang bisa mencapai -20°C sampai -25°C. Sementara freezer yang biasa kita lihat dipasar swalayan, bisa ada direntang -10°C sampai -15°C.

Semakin dingin, justru semakin bagus dan membuat makanan semakin awet. Sebaliknya bila kurang dingin, tetap bisa namun biasa makanan agak kurang awet. Misal dengan suhu -20°C makanan bisa tahan selama 3 bulan, semetara di suhu -10°C hanya bertahan 1 bulan.

  • Tanpa / Minim Pengawet Kimia

Sebetulnya hanya dengan dibekukan saja makanan sudah awet. Namun tidak dapat dipungkiri beberapa suplier besar umumnya masih menambahkan pengawet kimia.

Pengawet yang ditambahkan sendiri biasanya natrium benzoat, yang memang masih aman dikonsumsi bisa dipakai dengan benar. Alhasil membuat frozen food bisa bertahan lebih lama lagi, bahkan hingga setahun.

2. Contoh Frozen Food

Gambar: Contoh Merek Frozen Food

Frozen food sudah sangat bermacam-macam saat ini. Mulai dari olahan daging, olahan sayur, nasi catering, buah-buah dan masih banyak lagi. Lebih detail contohnya sebagai berikut:

Kumpulan Resep Frozen Food

Meski ada macam-macam jenis frozen food, tapi umumnya yang digeluti sebagai bisnis rumahan adalah nugget, bakso, dan dimsum. Hal ini tidak terlepas dari peminatnya yang memang banyak. Jika kamu ingin buat di rumah, bisa cek resepnya di sini.

1. Resep Nugget

Gambar: Nugget Homemade

Nugget salah satu olahan daging frozen food yang sangat populer. Memiliki rasa gurih lezat dengan balutan kulit yang crispy. Penyajiannya yang super simpel dengan tinggal digoreng, membuatnya jadi favorit. Selain itu, kandungan nutrisi makanan ini juga baik.

Variasi nugget sendiri macam-macam, ada yang terbuat dari daging ayam, tempe, hingga tahu. Jika kamu tertarik buat makanan ini di rumah, kamu bisa cek resepnya di sini.

2. Resep Bakso

Gambar: Bakso Homemade

Siapa sih yang tidak pernah makan bakso? Sebuah makanan tradisional yang populer hingga era modern sekarang ini. Simpel, namun memiliki rasa yang sangat enak. Cocok untuk direbus, digoreng, hingga dibakar.

Beragam olahan seperti bakso sapi, ayam, ikan, tahu bisa kamu cek resepnya berikut.

3. Resep Dimsum

Gambar: Dimsum Homemade

Dari namanya pasti kamu bisa tebak, makanan ini berasal dari negeri China. Merupakan olahan daging dengan minyak wijennya, lalu dibalut dengan kulit pangsit tipis. Sangat disukai beragam kalangan di Indonesia.

Jika kamu ingin bikin di rumah, entah sebagai makanan ataupun bisnis. Bisa cek resepnya di sini ya.

4. Lebih Banyak

Tentu saja masih ada lebih banyak lagi resep makanan yang bisa difrozen. Contohnya seperti dendeng, rendang, risol dan masih banyak lagi. Kamu bisa temukan yang lainnya melalui tautan berikut.

FAQ – Pertanyaan Pembaca

Penutup

Itulah dia arti frozen food beserta ciri-ciri dan contohnya. Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis di bidang makanan, bisa banget nih dicoba frozen foodnya. Cocok untuk jualan offline hingga online loh.

Jika dirasa ada yang kurang jelas, kamu bisa tanya kami ya. Jika suka artikelnya bisa share ke Facebook, Instagram dan Twitter. Terimakasih.

Futri Qamarina

Sangat menyukai bidang makanan seperti memasak dan kuliner. Pernah mengikuti beragam pelatihan memasak dan bercita-cita menjadi seorang chef.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Yuk Nilai Resepnya!